Selasa, 25 Februari 2014

TUGAS 2 DAN 3 BAHASA INDONESIA


TUGAS 2


1.      Bacalah dengan seksama skripsi yang Anda teliti tentang penggunaan EYD nya. Buatlah perbaikan sedikitnya 10 hal yang Anda temui.

2.      Buatlah 5 istilah di bidang teknik elektro yang berasal dari bahasa asing yang Anda kembangkan sendiri. Tata urutannya :  istilah asing yang diserap/diterjemahkan, istilah asingnya, kaidah yang digunakan, arti dan makna istilah secara teknik elektro.
 



1.      Pada panah-panah permainan, pemain harus menyesuaikan arah panah yang turun dengan tombol yang telah di setting.
Seharusnya pada kata “setting” tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.

Perbaikan :
Pada panah-panah permainan, pemain harus menyesuaikan arah panah yang turun dengan tombol yang telah di setting.


2.      Sistem penilaiannya, jika panah yang bergerak turun mengenai panah dibawah yang segambar dan dengan cepat pemain menekan tombol sesuai arah panah maka akan mendapat point yang perfect.
Seharusnya pada kata “perfect” tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.
 
Perbaikan :
Sistem penilaiannya, jika panah yang bergerak turun mengenai panah dibawah yang segambar dan dengan cepat pemain menekan tombol sesuai arah panah maka akan mendapat point yang perfect.

 
3.      Form input nama akan muncul setelah form hasil akhir berakhir.
Seharusnya pada kata “input” tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.
 
Perbaikan :
Form input nama akan muncul setelah form hasil akhir berakhir.



4.      Di mana cara memainkannya cukup mudah hanya dengan menyesuaikan anak panah yg urun dengan keypad.
Seharusnya pada kata “keypad” tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.
 
Perbaikan :
Di mana cara memainkannya cukup mudah hanya dengan menyesuaikan anak panah yg urun dengan keypad.




5.      Pendeteksian tumbukan relatif kurang sensitif, metode yang digunakan untuk mendeteksi tumbukan antar sprite masih sederhana karena hanya berdasarkan pixel.
Seharusnya pada kata “sprite” dan “pixel” tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.
Perbaikan :
Pendeteksian tumbukan relatif kurang sensitif, metode yang digunakan untuk mendeteksi tumbukan antar sprite masih sederhana karena hanya berdasarkan pixel.
 
6.      Tingkat kesulitan game dari level satu ke level yang lain kurang menarik.
Seharusnya pada kata “level” tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.
 
Perbaikan :
Tingkat kesulitan game dari level satu ke level yang lain kurang menarik.

 

7.      Game Let’s Dance hanya dapat dijalankan pada handphone dengan tipe-tipe tertentu.
Seharusnya pada kata “handphone” tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.
 
Perbaikan :
Game Let’s Dance hanya dapat dijalankan pada handphone dengan tipe-tipe tertentu.



8.      Pada gambar ini terdapat menu command untuk beberapa pilihan.
Seharusnya pada kata “command” tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.
 
Perbaikan :
Pada gambar ini terdapat menu command untuk beberapa pilihan.

 

9.      Pada  handset  ini  aplikasi  game  dapat  dimainkan  dengan lancar  dan  baik.
Seharusnya pada kata “handset” tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.
Perbaikan :
Pada  handset  ini  aplikasi  game  dapat  dimainkan  dengan lancar  dan  baik.


10.  Perangkat keras (Hardware)
Seharusnya pada kata “Hardware” tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.
Perbaikan :
Perangkat keras (Hardware)


2. 5 istilah di bidang teknik elektro yang berasal dari bahasa asing


Istilah Asing yang Diserap
Permainan
Istilah Asingnya
Game
Kaidah yang Digunakan
“permainan” ditulis biasa, karena sudah diserap dari bahasa asing “game” yang ditulis miring bila menggunakan bahasa asing
Arti dan Makna Istilah
sebuah sistem dimana pemain terlibat dalam konflik buatan, permainan terdapat peraturan yang bertujuan untuk membatasi perilaku pemain dan menentukan permainan.



Istilah Asing yang Diserap
Antar Muka
Istilah Asingnya
Interface
Kaidah yang Digunakan
“antar muka” ditulis biasa karena sudah diserap dari bahasa asing yaitu “interface” kemudian “interface ditulis miring jika menggunakan bahasa asing
Arti dan Makna Istilah
Komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna



Istilah Asing yang Diserap
Petualangan
Istilah Asingnya
Adventure
Kaidah yang Digunakan
“petualangan” ditulis biasa karena sudah diserap dari bahasa asing yaitu “adventure” kemudian “adventure ditulis miring jika menggunakan bahasa asing
Arti dan Makna Istilah
Adventure adalah suatu petualangan atau kegiatan yang yang berkiprah dengan alam



Istilah Asing yang Diserap
Siklus Hidup
Istilah Asingnya
Lifecycle
Kaidah yang Digunakan
“siklus hidup” ditulis biasa karena sudah diserap dari bahasa asing yaitu “lifecycle” kemudian “lifecycle ditulis miring jika menggunakan bahasa asing
Arti dan Makna Istilah
Serangkaian tahapan di mana suatu organisme lewat di antara rekurensi dari tahap primer



Istilah Asing yang Diserap
Skor
Istilah Asingnya
Score
Kaidah yang Digunakan
“skor” ditulis biasa karena sudah diserap dari bahasa asing yaitu “score” kemudian “score ditulis miring jika menggunakan bahasa asing
Arti dan Makna Istilah
Jumlah angka kemenangan; kedudukan atau hasil pertandingan



TUGAS 3

1.      Perbaikan tentang Penggunaan EYD Khususnya Ketepatan Penggunaan Tanda Baca Titik (.) dan Tanda Baca Koma (,) pada Penulisan Skripsi

2.      Ubahlah catatan kaki dan daftar pustaka sesuai dengan kaedah EYD


1. Perbaikan tentang Penggunaan EYD Khususnya Ketepatan Penggunaan Tanda Baca Titik (.) dan Tanda Baca Koma (,) pada Penulisan Skripsi Membangun aplikasi Let’s Finger Dance menggunakan Java 2 Micro Edition (J2ME)


1.      Game ini dimainkan dengan menggunakan sebuah alat yang bisa digenggam oleh tangan dan tersambung ke sebuah kotak alat atau console. alat yang digenggam tangan tadi dikenal dengan nama joystick.
Seharusnya setelah titik menggunakan huruf Kapital.
Perbaikan :
Game ini dimainkan dengan menggunakan sebuah alat yang bisa digenggam oleh tangan dan tersambung ke sebuah kotak alat atau console. Alat yang digenggam tangan tadi dikenal dengan nama joystick.


2.       Game ini merupakan jenis game olahraga yang ada pada keadaan nyata. Seperti game sepak bola, basket, dansa, dan sebagainya.

Seharusnya sebelum bacaan “dan” tidak usah menggunakan tanda baca koma (,)
Perbaikan :
Game ini merupakan jenis game olahraga yang ada pada keadaan nyata. Seperti game sepak bola, basket, dansa  dan sebagainya. 


3.      User interface adalah tampilan yang muncul dilayar selang sebuah game dimainkan, tidak hanya itu user interface juga berupa mouse atau keyboard.

Seharusnya setelah kata tidak hanyya itu diberi tanda baca koma (,)
Perbaikan :
User interface adalah tampilan yang muncul dilayar selang sebuah game dimainkan, tidak hanya itu, user interface juga berupa mouse atau keyboard.


4.      Pada awal tahun 1990-an, Internet masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer.

Seharusnya pada kata “Internet” menggunakan huruf kecil.
Perbaikan :
Pada awal tahun 1990-an, Internet masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer.


5.      Dengan kata lain setiap aplikasi diaktifkan maka objek yang akan ditampilkan di layar adalah objek TextBox.

Seharusnya setelah kata “Dengan kata lain” diberi tanda baca koma (,)

Perbaikan :
Dengan kata lain, setiap aplikasi diaktifkan maka objek yang akan ditampilkan di layar adalah objek TextBox.


6.       Fitur-fitur yang disediakan oleh platform NetBeans :

1.    Manajemen antarmuka (misal : menu & toolbar)

2.    Manajemen pengaturan pengguna

3.    Manajemen penyimpanan (menyimpan dan membuka berbagai macam data)

4.    Manajemen jendela

5.    Wizard framework (mendukung dialog langkah demi langkah)

Seharusnya pada setiap akhir kalimat diberi tanda baca titik (.)

Perbaikan:
Fitur-fitur yang disediakan oleh platform NetBeans :

1.      Manajemen antarmuka (misal : menu & toolbar).

2.    Manajemen pengaturan pengguna.

3.    Manajemen penyimpanan (menyimpan dan membuka berbagai macam data).

4.    Manajemen jendela.

5.    Wizard framework (mendukung dialog langkah demi langkah).

7.       Perangkat Lunak (software) Seharusnya pada kata “software” menggunakan huruf capital
Perbaikan :
Perangkat Lunak (Software)

8.       Perangkat Lunak (Software) :
a. Sistem Operasi Windows 7 Ulitmate
b. Microsoft Word 2007
c. Netbeans
d. Paint
e. Adobe Photoshop CS3
Sistem operasi symbian
Seharusnya pada akhir kalimat menggunakan tanda baca titik (.)
Perbaikan :
Perangkat Lunak (Software) :
a. Sistem Operasi Windows 7 Ulitmate.
b. Microsoft Word 2007.
c. Netbeans.
d. Paint.
e. Adobe Photoshop CS3.

9.       Kriteria dari hasil akhir ini adalah jika nilai yang diperoleh pemain < 1000 maka kriterianya “pemula”, dan jika   >1000 maka kriterianya “menengah”, dan jika  > 10000 maka “mahir”.

Seharusnya setelah “menengah” tidak usah diberi tanda baca koma (,)
Perbaikan :

Kriteria dari hasil akhir ini adalah jika nilai yang diperoleh pemain < 1000 maka kriterianya “pemula”, dan jika   >1000 maka kriterianya “menengah” dan jika  > 10000 maka “mahir”.

10.    Untuk menghasilkan uji coba yang optimal maka dibutuhkan lingkungan minimal dengan spesifikasi sebagai berikut :

        1.  Handphone

        2.  Ukuran Layar Minimal 176 x 208 pixel

        3.  Java Support MIDP v.2.0 dan CLDC 1.0

Seharusnya pada setiap akhir kalimat diberi tanda baca titik (.)

Perbaikan :

Untuk menghasilkan uji coba yang optimal maka dibutuhkan lingkungan minimal dengan spesifikasi sebagai berikut :
       1.  Handphone
       2.  Ukuran Layar Minimal 176 x 208 pixel
       3.  Java Support MIDP v.2.0 dan CLDC 1.0



2. Perbaikan pada Daftar Pustaka



Aloysius Sigit. 2010. Proyek Aplikasi Dengan Java. Jakarta: PT Elex Media

                 Komputindo.

Nama seharusnya dipisah dengan menggunakan tanda baca koma (,)

Perbaikan :

Aloysius, Sigit. 2010. Proyek Aplikasi Dengan Java. Jakarta: PT Elex Media

                 Komputindo.

Alifan Mohammad. 2012 Rancang Bangun Aplikasi Pencarian Jalan Keluar Labirin Dengan Metode Depth  First  Search (Dfs) Berbasis Java 2 Micro Edition, STMIK INDONESIA, Banjarmasin.



Nama seharusnya dipisah dengan menggunakan tanda baca koma (,). Kemudian setelah tahun seharusnya ada tanda baca titik (.). setelah judul buku seharusnya diberi tanda titik (.). Penerbit dan nama kota penerbit terbalik, setelah nama kota tempat terbit seharusnya menggunakan tanda baca titik dua (:) lalu nama penerbitnya.



Perbaikan :



Alifan, Mohammad. 2012.Rancang Bangun Aplikasi Pencarian Jalan Keluar Labirin Dengan Metode Depth  First  Search (Dfs) Berbasis Java 2 Micro Edition.Banjarmasin: STMIK INDONESIA



Bambomedia, Bikin Games di Handphone.

STMIK Indonesia. 2011 Buku Panduan Penulisan Karya Ilmiah, STMIK INDONESIA, Banjarmasin.

Setelah tahun seharusnya ada tanda baca titik (.),Penerbit dan nama kota penerbit terbalik, setelah nama kota tempat terbit seharusnya menggunakan tanda baca titik dua (:) lalu nama penerbitnya.

Perbaikan :

STMIK Indonesia. 2011.Buku Panduan Penulisan Karya Ilmiah.Banjarmasin:STMIK INDONESIA

Yuniar Supardi. 2010. Semua Bisa Menjadi Programer Java Basic Programming. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Nama seharusnya dipisah dengan menggunakan tanda baca koma (,)

Perbaikan :

Yuniar, Supardi. 2010. Semua Bisa Menjadi Programer Java Basic Programming. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.




0 komentar:

Posting Komentar