TUGAS 2
1.
Bacalah
dengan seksama skripsi yang Anda teliti tentang penggunaan EYD nya. Buatlah
perbaikan sedikitnya 10 hal yang Anda temui.
2.
Buatlah 5
istilah di bidang teknik elektro yang berasal dari bahasa asing yang Anda
kembangkan sendiri. Tata urutannya : istilah asing yang
diserap/diterjemahkan, istilah asingnya, kaidah yang digunakan, arti dan makna
istilah secara teknik elektro.
1.
Perbaikan penggunaan EYD pada skripsi Membangun aplikasi Let’s Finger Dance menggunakan
Java 2 Micro Edition (J2ME)
1. Pada panah-panah permainan,
pemain harus menyesuaikan arah panah yang turun dengan tombol yang telah di
setting.
Seharusnya pada kata “setting” tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.
Perbaikan :
Pada panah-panah permainan, pemain harus menyesuaikan arah panah yang turun dengan tombol yang telah di setting.
Seharusnya pada kata “setting” tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.
Perbaikan :
Pada panah-panah permainan, pemain harus menyesuaikan arah panah yang turun dengan tombol yang telah di setting.
2.
Sistem
penilaiannya, jika panah yang bergerak turun mengenai panah dibawah yang
segambar dan dengan cepat pemain menekan tombol sesuai arah panah maka akan
mendapat point yang perfect.
Seharusnya pada kata “perfect” tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.
Perbaikan :
Sistem penilaiannya, jika panah yang bergerak turun mengenai panah dibawah yang segambar dan dengan cepat pemain menekan tombol sesuai arah panah maka akan mendapat point yang perfect.
Seharusnya pada kata “perfect” tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.
Perbaikan :
Sistem penilaiannya, jika panah yang bergerak turun mengenai panah dibawah yang segambar dan dengan cepat pemain menekan tombol sesuai arah panah maka akan mendapat point yang perfect.
3.
Form
input nama akan muncul setelah form hasil akhir berakhir.
Seharusnya pada kata “input” tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.
Perbaikan :
Form input nama akan muncul setelah form hasil akhir berakhir.
Seharusnya pada kata “input” tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.
Perbaikan :
Form input nama akan muncul setelah form hasil akhir berakhir.
4.
Di
mana cara memainkannya cukup mudah hanya dengan menyesuaikan anak panah yg urun
dengan keypad.
Seharusnya pada kata “keypad” tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.
Perbaikan :
Di mana cara memainkannya cukup mudah hanya dengan menyesuaikan anak panah yg urun dengan keypad.
Seharusnya pada kata “keypad” tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.
Perbaikan :
Di mana cara memainkannya cukup mudah hanya dengan menyesuaikan anak panah yg urun dengan keypad.
5.
Pendeteksian
tumbukan relatif kurang sensitif, metode yang digunakan untuk mendeteksi
tumbukan antar sprite masih sederhana karena hanya berdasarkan pixel.
Seharusnya pada kata “sprite” dan “pixel” tercetak miring, karena merupakan bahasa asing. Perbaikan :
Pendeteksian tumbukan relatif kurang sensitif, metode yang digunakan untuk mendeteksi tumbukan antar sprite masih sederhana karena hanya berdasarkan pixel.
Seharusnya pada kata “sprite” dan “pixel” tercetak miring, karena merupakan bahasa asing. Perbaikan :
Pendeteksian tumbukan relatif kurang sensitif, metode yang digunakan untuk mendeteksi tumbukan antar sprite masih sederhana karena hanya berdasarkan pixel.
6.
Tingkat
kesulitan game dari level satu
ke level yang lain
kurang menarik.
Seharusnya pada kata “level” tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.
Perbaikan :
Tingkat kesulitan game dari level satu ke level yang lain kurang menarik.
Seharusnya pada kata “level” tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.
Perbaikan :
Tingkat kesulitan game dari level satu ke level yang lain kurang menarik.
7.
Game
Let’s Dance hanya dapat dijalankan pada handphone
dengan tipe-tipe tertentu.
Seharusnya pada kata “handphone” tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.
Perbaikan :
Game Let’s Dance hanya dapat dijalankan pada handphone dengan tipe-tipe tertentu.
Seharusnya pada kata “handphone” tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.
Perbaikan :
Game Let’s Dance hanya dapat dijalankan pada handphone dengan tipe-tipe tertentu.
8.
Pada
gambar ini terdapat menu command untuk beberapa pilihan.
Seharusnya pada kata “command” tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.
Perbaikan :
Pada gambar ini terdapat menu command untuk beberapa pilihan.
Seharusnya pada kata “command” tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.
Perbaikan :
Pada gambar ini terdapat menu command untuk beberapa pilihan.
9. Pada handset
ini aplikasi game
dapat dimainkan dengan lancar
dan baik.
Seharusnya pada kata “handset”
tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.Perbaikan :
Pada handset ini aplikasi game dapat dimainkan dengan lancar dan baik.
10. Perangkat keras (Hardware)
Seharusnya pada kata “Hardware” tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.
Perbaikan :
Perangkat keras (Hardware)
Seharusnya pada kata “Hardware” tercetak miring, karena merupakan bahasa asing.
Perbaikan :
Perangkat keras (Hardware)
2.
5 istilah di bidang teknik elektro yang berasal dari bahasa asing
Istilah Asing yang Diserap
|
Permainan
|
Istilah Asingnya
|
Game
|
Kaidah yang Digunakan
|
“permainan”
ditulis biasa, karena sudah diserap dari bahasa asing “game” yang ditulis
miring bila menggunakan bahasa asing
|
Arti dan Makna Istilah
|
sebuah sistem dimana
pemain terlibat dalam konflik buatan, permainan terdapat peraturan yang
bertujuan untuk membatasi perilaku pemain dan menentukan permainan.
|
Istilah Asing yang Diserap
|
Antar Muka
|
Istilah Asingnya
|
Interface
|
Kaidah yang Digunakan
|
“antar
muka” ditulis biasa karena sudah diserap dari bahasa asing yaitu “interface”
kemudian “interface” ditulis miring jika menggunakan bahasa
asing
|
Arti dan Makna Istilah
|
Komponen sistem operasi
yang bersentuhan langsung dengan pengguna
|
Istilah Asing yang Diserap
|
Petualangan
|
Istilah Asingnya
|
Adventure
|
Kaidah yang Digunakan
|
“petualangan”
ditulis biasa karena sudah diserap dari bahasa asing yaitu “adventure”
kemudian “adventure” ditulis miring jika menggunakan bahasa
asing
|
Arti dan Makna Istilah
|
Adventure adalah
suatu petualangan atau kegiatan yang yang berkiprah dengan alam
|
Istilah Asing yang Diserap
|
Siklus Hidup
|
Istilah Asingnya
|
Lifecycle
|
Kaidah yang Digunakan
|
“siklus
hidup” ditulis biasa karena sudah diserap dari bahasa asing yaitu “lifecycle”
kemudian “lifecycle” ditulis miring jika menggunakan bahasa
asing
|
Arti dan Makna Istilah
|
Serangkaian tahapan di mana suatu organisme lewat di antara rekurensi dari tahap primer
|
Istilah Asing yang Diserap
|
Skor
|
Istilah Asingnya
|
Score
|
Kaidah yang Digunakan
|
“skor”
ditulis biasa karena sudah diserap dari bahasa asing yaitu “score”
kemudian “score” ditulis miring jika menggunakan bahasa asing
|
Arti dan Makna Istilah
|
Jumlah angka kemenangan;
kedudukan atau hasil pertandingan
|
TUGAS 3
1. Perbaikan tentang Penggunaan EYD
Khususnya Ketepatan Penggunaan Tanda Baca Titik (.) dan Tanda Baca Koma (,)
pada Penulisan Skripsi
2. Ubahlah
catatan kaki dan daftar pustaka sesuai dengan kaedah EYD
1. Perbaikan tentang Penggunaan EYD Khususnya
Ketepatan Penggunaan Tanda Baca Titik (.) dan Tanda Baca Koma (,) pada
Penulisan Skripsi Membangun aplikasi Let’s Finger Dance menggunakan
Java 2 Micro Edition (J2ME)
1.
Game
ini dimainkan dengan menggunakan sebuah alat yang bisa digenggam oleh tangan
dan tersambung ke sebuah kotak alat atau console. alat yang digenggam tangan
tadi dikenal dengan nama joystick.
Seharusnya setelah titik menggunakan huruf Kapital.
Perbaikan :
Game ini dimainkan dengan menggunakan sebuah alat yang bisa digenggam oleh tangan dan tersambung ke sebuah kotak alat atau console. Alat yang digenggam tangan tadi dikenal dengan nama joystick.
Seharusnya setelah titik menggunakan huruf Kapital.
Perbaikan :
Game ini dimainkan dengan menggunakan sebuah alat yang bisa digenggam oleh tangan dan tersambung ke sebuah kotak alat atau console. Alat yang digenggam tangan tadi dikenal dengan nama joystick.
2.
Game ini merupakan jenis game olahraga yang ada
pada keadaan nyata. Seperti game sepak bola, basket, dansa, dan sebagainya.
Seharusnya sebelum bacaan “dan”
tidak usah menggunakan tanda baca koma (,)
Perbaikan :
Game ini merupakan jenis game olahraga yang ada pada keadaan nyata. Seperti game sepak bola, basket, dansa dan sebagainya.
Perbaikan :
Game ini merupakan jenis game olahraga yang ada pada keadaan nyata. Seperti game sepak bola, basket, dansa dan sebagainya.
3.
User
interface adalah
tampilan yang muncul dilayar selang sebuah game dimainkan, tidak hanya
itu user interface juga berupa mouse atau keyboard.
Seharusnya
setelah kata tidak hanyya itu diberi tanda baca koma (,)
Perbaikan :
User interface adalah tampilan yang muncul dilayar selang sebuah game dimainkan, tidak hanya itu, user interface juga berupa mouse atau keyboard.
Perbaikan :
User interface adalah tampilan yang muncul dilayar selang sebuah game dimainkan, tidak hanya itu, user interface juga berupa mouse atau keyboard.
4. Pada
awal tahun 1990-an, Internet masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di
kalangan akademisi dan militer.
Seharusnya pada
kata “Internet” menggunakan huruf kecil.
Perbaikan :
Pada awal tahun 1990-an, Internet masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer.
Perbaikan :
Pada awal tahun 1990-an, Internet masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer.
5.
Dengan kata lain setiap aplikasi diaktifkan maka
objek yang akan ditampilkan di layar adalah objek TextBox.
Seharusnya setelah
kata “Dengan kata lain” diberi tanda baca koma (,)
Perbaikan :
Dengan kata lain, setiap aplikasi diaktifkan maka objek yang akan ditampilkan di layar adalah objek TextBox.
Dengan kata lain, setiap aplikasi diaktifkan maka objek yang akan ditampilkan di layar adalah objek TextBox.
6. Fitur-fitur
yang disediakan oleh platform NetBeans :
1.
Manajemen antarmuka (misal : menu & toolbar)
2.
Manajemen pengaturan pengguna
3.
Manajemen penyimpanan (menyimpan dan membuka berbagai
macam data)
4.
Manajemen jendela
5.
Wizard framework (mendukung
dialog langkah demi langkah)
Seharusnya
pada setiap akhir kalimat diberi tanda baca titik (.)
Perbaikan:
Fitur-fitur yang disediakan oleh platform NetBeans :
Fitur-fitur yang disediakan oleh platform NetBeans :
1.
Manajemen antarmuka (misal : menu & toolbar).
2.
Manajemen pengaturan pengguna.
3.
Manajemen penyimpanan (menyimpan dan membuka berbagai
macam data).
4.
Manajemen jendela.
5.
Wizard framework (mendukung
dialog langkah demi langkah).
7. Perangkat
Lunak (software)
Seharusnya pada kata “software”
menggunakan huruf capital
Perbaikan :
Perangkat Lunak (Software)
Perbaikan :
Perangkat Lunak (Software)
8. Perangkat
Lunak (Software) :
a. Sistem Operasi Windows 7 Ulitmate
b. Microsoft Word 2007
c. Netbeans
d. Paint
e. Adobe Photoshop CS3
Sistem operasi symbian Seharusnya pada akhir kalimat menggunakan tanda baca titik (.)
Perbaikan :
Perangkat Lunak (Software) :
a. Sistem Operasi Windows 7 Ulitmate.
b. Microsoft Word 2007.
c. Netbeans.
d. Paint.
e. Adobe Photoshop CS3.
a. Sistem Operasi Windows 7 Ulitmate
b. Microsoft Word 2007
c. Netbeans
d. Paint
e. Adobe Photoshop CS3
Sistem operasi symbian Seharusnya pada akhir kalimat menggunakan tanda baca titik (.)
Perbaikan :
Perangkat Lunak (Software) :
a. Sistem Operasi Windows 7 Ulitmate.
b. Microsoft Word 2007.
c. Netbeans.
d. Paint.
e. Adobe Photoshop CS3.
9. Kriteria
dari hasil akhir ini adalah jika nilai yang diperoleh pemain < 1000 maka
kriterianya “pemula”, dan jika >1000
maka kriterianya “menengah”, dan jika
> 10000 maka “mahir”.
Seharusnya setelah “menengah”
tidak usah diberi tanda baca koma (,)
Perbaikan :
Perbaikan :
Kriteria dari hasil akhir ini adalah jika nilai yang
diperoleh pemain < 1000 maka kriterianya “pemula”, dan jika >1000 maka kriterianya “menengah” dan
jika > 10000 maka “mahir”.
10. Untuk
menghasilkan uji coba yang optimal maka dibutuhkan lingkungan minimal dengan
spesifikasi sebagai berikut :
1. Handphone
2. Ukuran Layar Minimal 176 x 208 pixel
3. Java
Support MIDP v.2.0 dan CLDC 1.0
Seharusnya
pada setiap akhir kalimat diberi tanda baca titik (.)
Perbaikan
:
Untuk menghasilkan uji coba yang optimal maka
dibutuhkan lingkungan minimal dengan spesifikasi sebagai berikut :
1. Handphone2. Ukuran Layar Minimal 176 x 208 pixel
3. Java Support MIDP v.2.0 dan CLDC 1.0
2. Perbaikan pada Daftar
Pustaka
Aloysius Sigit. 2010. Proyek Aplikasi Dengan Java. Jakarta: PT
Elex Media
Komputindo.
Nama seharusnya dipisah dengan
menggunakan tanda baca koma (,)
Perbaikan :
Aloysius, Sigit. 2010. Proyek Aplikasi Dengan Java.
Jakarta: PT Elex Media
Komputindo.
Alifan Mohammad. 2012 Rancang Bangun Aplikasi Pencarian Jalan Keluar Labirin
Dengan Metode Depth First Search (Dfs) Berbasis Java 2 Micro Edition,
STMIK INDONESIA,
Banjarmasin.
Nama seharusnya
dipisah dengan menggunakan tanda baca koma (,). Kemudian setelah tahun
seharusnya ada tanda baca titik (.). setelah judul buku seharusnya diberi tanda
titik (.). Penerbit
dan nama kota penerbit terbalik, setelah nama kota tempat terbit seharusnya
menggunakan tanda baca titik dua (:) lalu nama penerbitnya.
Perbaikan :
Alifan, Mohammad. 2012.Rancang Bangun Aplikasi Pencarian Jalan Keluar Labirin
Dengan Metode Depth First Search (Dfs) Berbasis Java 2 Micro Edition.Banjarmasin: STMIK INDONESIA
Bambomedia, Bikin Games di Handphone.
STMIK Indonesia. 2011 Buku Panduan Penulisan Karya Ilmiah,
STMIK INDONESIA, Banjarmasin.
Setelah tahun seharusnya ada
tanda baca titik (.),Penerbit
dan nama kota penerbit terbalik, setelah nama kota tempat terbit seharusnya
menggunakan tanda baca titik dua (:) lalu nama penerbitnya.
Perbaikan
:
STMIK Indonesia. 2011.Buku Panduan Penulisan Karya Ilmiah.Banjarmasin:STMIK
INDONESIA
Yuniar Supardi. 2010. Semua Bisa Menjadi Programer Java Basic
Programming. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Nama seharusnya dipisah dengan
menggunakan tanda baca koma (,)
Perbaikan :
Yuniar, Supardi. 2010. Semua Bisa Menjadi Programer Java Basic
Programming. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.


0 komentar:
Posting Komentar