Senin, 24 Februari 2014

TUGAS 1 BAHASA INDONESIA


TUGAS 1
1.      Berikan komentar singkat Anda terhadap isi skripsi.
2.      Carilah 5 sumber yang disebut dalam skripsi tersebut atau pembanding artikel yang Anda unduh lewat internet.
3.      Hasil unduhan harus jelas alamatnya.


Judul Skripsi :


Kerangka Karangan :
BAB I PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
2.      Rumusan Masalah
3.      Batasan Masalah
4.      Ruang Lingkup
5.      Tujuan
6.      Manfaat
7.      Sistematika Penulisan
BAB II LANDASAN TEORI
1.       Pengertian Game
1.Jenis-Jenis Game
2. Elemen-Elemen Game
2.       Java
1. Sejarah Perkembangan Java
2. Kelebihan dan Kekurangan Java
3. Aturan Produksi
4. Siklus Hidup Aplikasi J2ME
1 Method startApp()
2 Method pauseApp()
.                 3 Method destroyApp()
5 Antar Muka
3.      Pengenalan NetBeans
1. Platform NetBeans
2. NetBeans IDE
3. Paket-Paket Tambahan NetBeans IDE
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
1.      Subjek dan Objek Penelitian
2.      Alat dan Bahan Penelitian
3.      Metode Pengumpulan Data
4.      Tahapan Penelitian
5.      Diagram Alir Program
6.      Desain Aplikasi
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
1.      Lingkungan Uji Coba
1. Ujicoba Pada Handset
1.Nokia 6300
2.      Analisa Aplikasi
1.Metode Pengambilan Data
2.Aspek Rekayasa Perangkat Lunak
BAB V PENUTUP
1.      Kesimpulan
2.      Saran



Ulasan Singkat Mengenai Skripsi :


Komentar Terhadap Skripsi :


Skripsi tersebut membahas tentang bagaimana membangun Aplikasi Let’s Finger Dance menggunakan Java 2 Micro Edition (J2ME). Dalam penelitian ini telah dihasilkan sebuah aplikasi game yaitu game Let’s Dance. Jumlah class mempengaruhi ukuran game yang berformat *.jar.  Adapaun keunggulan dari game Let’s Dance yaitu :
a. Dapat melatih konsentrasi bagi pemain game Let’s Dance.
b. Ukuran aplikasi game yang kecil yaitu hanya 218 kb, sehingga dapat berjalan atau dapat dimainkan pada handphone yang memiliki memori kecil. Sedangkan Kelemahan dari Game Lest’s Dance :
a. Tingkat kesulitan game dari level satu ke level yang lain kurang menarik.
b. Pendeteksian tumbukan relatif kurang sensitif.
Dan Game Let’s Dance hanya dapat dijalankan pada handphone dengan tipe-tipe tertentu.  Untuk itu ada baiknya plikasi lebih dikembangkan pada tingkat kompabilitas, layout menu maupun keinteraktifan terhadap pengguna. Dan lebih   dikembangkan   bukan   hanya   untuk  algoritma pencarian secara mendalam, melainkan dapat juga algoritma menggunakan algoritma lainnya


5 Sumber yang Disebut dalam Skripsi dan Pembanding Artikel :

1.       Dalam Skripsi : Video game atau console game ini adalah sebuah bentuk dari multimedia interaktif yang digunakan untuk sarana hiburan. Game ini dimainkan dengan menggunakan sebuah alat yang bisa digenggam oleh tangan dan tersambung ke sebuah kotak alat atau console  

Dalam Sumber Lain : Console games, yaitu video games yang dimainkan menggunakan console tertentu, seperti Playstation 2, Playstation 3, XBOX 360, dan Nintendo Wii.. http://randylio.blogspot.nl/2011/05/pengertian-game-dan-tipe-tipe-game.html


2.       Dalam Skripsi :
Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai computer temasuk telepon genggam.
 


  Dalam Sumber Lain :
Java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi objek dan program java tersusun dari bagian yang disebut kelas. Kelas terdiri atas metode-metode yang melakukan pekerjaan dan mengembalikan informasi setelah melakukan tugasnya. Para pemrogram  Java banyak mengambil keuntungan dari kumpulan kelas di pustaka kelas Java, yang disebut dengan Java Application Programming Interface (API).
http://didiindra.wordpress.com/tag/pengertian-java/


3.       Dalam Skripsi :
Kelebihan Java :
1. Multiplatform. Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform / sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali,  jalankan di mana saja. Dengan kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi (diubah, dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin / bytecode) sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa perubahan. Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan diatas operating system Linux tetapi  dijalakan dengan baik di atas Microsoft Windows. Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS dan Sun Solaris. Penyebnya adalah setiap system operasi menggunakan programnya sendiri-sendiri (yang dapat diunduh dari situs Java) untuk meninterpretasikan bytecode tersebut. 2. OOP (Object Oriented Programming – Pemrogram Berorientasi Objek) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigm ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya. Model data berorientasi objek dikatakan dapat memberi fleksibilitas yang lebih, kemudahan mengubah program, dan digunakan luas dalam teknik piranti lunak skala besar. Lebih jauh lagi, pendukung OOP mengklaim bahwa OOP lebih mudah dipelajari bagi pemula dibanding dengan pendekatan sebelumnya, dan pendekatan OOP lebih mudah dikembangkan dan dirawat.
3. Perpustakaan Kelas Yang Lengkap, Java terkenal dengan kelengkapan library/perpustakaan (kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan perpustakaan ini ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan pembangunan aplikasi. 4. Bergaya C++, memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman C++ sehingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java. Saat ini pengguna Java sangat banyak, sebagian besar adalah pemrogram C++ yang pindah ke Java. Universitas-universitas di Amerika Serikat juga mulai berpindah dengan mengajarkan Java kepada murid-murid yang baru karena lebih mudah dipahami oleh murid dan dapat berguna juga bagi mahasiswa yang bukan mengambil jurusan komputer. 5. Pengumpulan sampah otomatis, memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas).
 

Dalam Sumber Lain : Kelebihan Java :
> Dapat dijalankan di beberapa sistem operasi komputer biasa disebut multiplatform, sehingga pengguna cukup menuliskan sebuah program Java untuk kemudian digunakan pada beberapa sistem operasi komputer yang berbeda. Contohnya: Untuk Hp yang ada Platform Java, Android, Windows, Linux.
> Bahasa pemrograman yang digunakan tidak rumit dan banyak fitur yang dulunya manual telah dikerjakan secara otomatis, jadi memudahkan programer.
> Pemrograman berorientasi objek, Konsep ini dalam bahasa inggris Object Oriented Programming
> Lengkapnya perpustakan (library) yang akan sangat memudahkan pengguna untuk membangun aplikasi yang sesuai dengan kebutuhannya.
> Bergaya C++ sehingga menarik banyak pemrograman dengan konsep C++ untuk hijrah ke Java.
> Pengumpulan ‘sampah’ secara otomatis, sehingga pengguna tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung.
http://diaz-zahran-asyari.blogspot.nl/2013/06/KelebihanKekuranganJava.html


4.       Dalam Skripsi :
Siklus Hidup (LifeCycle) dari MIDlet ditangani oleh Application Management Software (AMS). AMS ini adalah sebuah lingkungan tempat siklus sebuah MIDlet yang mampu diciptakan, dijalankan, dihentikan dan dihilangkan. AMS sering pula dinamakan dengan Java Application Manager (JAM).


Dalam Sumbe Lain : interface Java yang sering disebut dengan Java API (Application Programming Interface) dengan JVM (Java Virtual Machine) yang didesain khusus untuk alat, yaitu JVM dengan ruang yang terbatas. Kombinasi tersebut kemudian digunakan untuk melakukan pembuatan aplikasi-aplikasi yang dapat berjalan di atas alat (dalam hal ini mobile device). http://wenythepooh.wordpress.com/tag/siklus-hidup-aplikasi-j2me/


5.       Dalam Skripsi :
Plarform NetBeans adalah framework yang dapat digunakan kembali (reusable) untuk menyederhanakan pengembangan aplikasi desktop. Ketika aplikasi berbasis platform NetBeans dijalankan, kelas main dari platform dieksekusi. Modul-modul yang tersedia ditempatkan di sebuah registry di dalam memori, dan tugas startup modul dijalankan. Secara umum, kode modul dimuatkan ke dalam memori hanya ketika diperlukan.


Dalam Sumber Lain :
NetBeans Platform sebuah fondasi yang modular dan dapat diperluas yang dapat digunakan sebagai perangkat lunak dasar untuk membuat aplikasi desktop yang besar. Mitra ISV menyediakan plug-in bernilai tambah yang dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam Platform dan dapat juga digunakan untuk membuat kakas dan solusi sendiri. 
http://pojokit-moklet.blogspot.nl/2012/08/pengertian-netbeans.html

0 komentar:

Posting Komentar